Pernyataan Koalisi Perpustakaan & Pustakawan Indonesia untuk PDS HB Jassin

Siaran Pers Koalisi Perpustakaan dan Pustakawan Indonesia

SELAMATKAN KOLEKSI PUSAT DOKUMENTASI SASTRA HB JASSIN UNTUK KEMAJUAN SASTRA INDONESIA

Membaca surat kabar “Kompas” pada hari Sabtu dan Minggu, 19, 20, dan 21 Maret 2011 yang memberitakan kondisi ribuan koleksi karya sastra yang tersimpan di Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin terancam rusak sangatlah mengenaskan.

Di tengah menggebu-gebunya hasrat masyarakat untuk gemar membaca dan mempelajari budaya Indonesia dan sudah adanya UU Perpustakaan yang menjamin keberadaan Perpustakaan di Indonesia ternyata apa yang tergambarkan dalam berita itu bertolak belakang dengan kepedulian pemerintah, khususnya pemerintah daerah DKI Jakarta.

Gerakan untuk membantu keberadaan Pusat Dokumentasi tersebut memang sudah ada baik yang dilakukan oleh masyarakat maupun salah satu ormas yang akan membantu pendanaannya. Namun gerakan tersebut tidaklah menjawab di mana posisi pemerintah selaku pembina perpustakaan.

Oleh karena itu, kami meminta kepada pemerintah daerah DKI Jakarta, Perpustakaan Nasional atau Kementerian Pendidikan Nasional hal-hal sebagai berikut:

  1. Berkewajiban untuk mengelola Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin sesuai dengan standar perpustakaan yang berlaku termasuk pendanaan yang sesuai dengan kebutuhan memenuhi standar perpustakaan.
  2. Menolak Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin menjadi alat politik ormas atau partai tertentu.
  3. Meminta kepada para pustakawan atau program studi Ilmu Perpustakaan untuk memberikan komitmen dalam bentuk tenaga dan pikiran agar dapat menyelamatkan koleksi Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin.
  4. Apabila ternyata pemerintah daerah DKI Jakarta, Perpustakaan Nasional atau Kementerian Pendidikan Nasional tidak bersedia atau tidak sanggup karena alasan birokrasi maka kami meminta kepada Universitas Indonesia yang memiliki perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara membantu menyelamatkan koleksi Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin dengan mengambil alih pengelolaannya demi menjamin keberlanjutan.


Koalisi Perpustakaan dan Pustakawan Indonesia
Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII), Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (FPPTI), Forum Perpustakaan Khusus, Asosiasi Pekerja Informasi Sekolah Indonesia (APISI), Asosiasi Tenaga Perpustakaan Indonesia (ATPUSI), Forum Taman Bacaan Masyarakat, YPPI, Klub Perpustakaan Indonesia (KPI), Komunitas Ruang Pustaka.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Reply to this post

Post a Comment